FUN

SELAMAT DATANG DI BLOG PURI DWI PRIAMBODO

Kamis, 24 Maret 2011

Hyper Threading

Hyper Threading
Hyper threading (HT) atau nama resminya Hyper Threading Technology (HTT) adalah teknologi yang diperkenalkan oleh Intel atas implementasinya terhadap kemapuan prosesornya dalam menjalankan “Multi – Threading” yaitu menjalankan banyak threadHyper Threading memanfaatkan tenaga prosesor yang idle agar dapat mengerjakan proses yang lainnya. atau proses kerja dalam satu waktu bersamaan.
Proses terdiri dari beberapa thread. Dalam beraktivitas dengan komputer, tentunya kita selalu terlibat dengan banyak proses. Bahkan sering sekali terlibat dengan banyak proses sekaligus dalam satu periode. Untuk menangani proses yang demikian banyak prosesor tentu akan kewalahan, dan akan melmbat. Sehingga akan mengganggu pekerjaan, dan mengurangi efisiensi kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, Intel memperkenalkan teknologi Hyper threading.

Teknologi ini pada awalnya diperkenalkan Intel pada prosesorsebesar 15 – 30% dibanding prosesor yang tidak memiliki fitur HT.
HT bekerja dengan cara menggandakan beberapa bagian tertentu dari prosesor tetapi tidak menduplikasikan resource eksekusi utama, sehingga prosesor dengan HT seolah memiliki 2 prosesor logikal.sehingga dapat memungkinkan sistem operasi dapat memperoses 2 atau lebih proses secara simultan. Ketika resource eksekusi utama tidak digunakan oleh proses yang ada, maka HT dapat menggunakan resource eksekusi tersebut untuk mengerjakan proses yang lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi waktu.
HT dapat mempercepat proses penanganan thread, namun ada kalanya kinerja malah melambat. Mengapa ? Jika sistem operasi tidak dapat mengendalikan Hyper threading, maka proses proses yang ada akan langsung dijalankan bersamaan ke dalam kedua pros esor logikal tersebut yang sebenarnya hanya terdiri dari satu prosesor. Maka kinerja prosesor akan sangat sibuk, dan melambat. Solusinya dapat dengan memperbaiki kemampuan scheduler untuk membedakan prosesor logikal dan prosesor fisik.
Untuk menjalankan kemampuan Hyper threading ini anda harus memiliki prosesor Intel Pentium-4 dengan fungsi HT, dan didukung oleh motherboard dengan chipset yang mendukung fungsi Hyper-threading tersebut.

Turbo boots

Tenologi Intel Turbo Boots dan Manfaat Dalam Meningkatkan kinerja Aplikasi Komputer
Intel Turbo Boost Technology adalah teknologi yang secara otomatis memungkinkan
setiap core pada prosesor berbasis Nehalem untuk berjalan pada clock yang lebih
tinggi dari spesifikasi apabila kita menjalankan program aplikasi single-threading
sehingga kinerja yang dicapai sama baiknya dengan aplikasi yang telah multithreading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar